Kamis, 18 September 2008

Coklat Pralines


Membuat Cokelat Pralines...gampang2 susah...Kalau dilihat dari bentuknya yang manis dan imut...bisa2 kita sayang untuk memakannya. Tapi sebenarnya...ada beberapa resep mudah untuk cokelat Pralines...dan dijamin ga bakal gagal dehhh bikinnya...let's try together !


Step 1 : Siapkan Dark or Milk chocolate Compound...lelehkan lalu siap digunakan.


Step 2: Kita harus membuat kulit/shell cokelat pralines terlebih dahulu...usahakan, bagian atas cetakan dilapisi agak teball..supaya Filling/isi annya tidak tumpah.


Step 3 : Simpan 1-2 menit di lemari es/freezer.


Step 4 : Isi filling ke dalam shell/kulit pralines...secukupnya.


Step 5 : penuhi lagi dengan cokelat sampai memenuhi cetakan.


Step 6 : masukan kembali ke dalam chiller untuk 5 menit.

Step 7 : Check dasar cetakan, kalau sudah blur/buram...artinya cokelat sudah siap dilepas daricetakannya...pastikan saat melepas cokelat..lakukan di ruangan ber AC.
Untuk resep filling/isi Cokelat Pralines...ada banyak alternatif...check this out!
*Simple ganache*
300ml fresh milk
600 gr cokelat couverture
20 gr butter2 gr vanilla essences..
Cara membuat :
didihkan susu, lalu tuang susu ke dalam wadah berisi cokelat dan aduk hinggamerata. Selanjutnya, tambahkan buter kedalamnya..dan dinginkan sampaisuhu sekitar 40 Celcius*Cherry Filling* 250 gr Butter 150 gr Gula halus 100 gr susu kental manis 100 cc Kirsch (dari fermentasi buah cherry) 500 gr Cokelat couverture (cairkan)
Cara membuat: Susu, butter dan gula dikocok hingga naik...masukan Kirsch. Tambahkan cokelat cair kedalamnya lalu aduk sampai merata*Caramel Machiato*Bagi penyuka Caramel Machiatto nya Starbucks..filling yang satu ini wajib dicoba ;)500 gr Gula250 ml Fresh Cream125 gr Butter125 gr Glucose5 gr Mocha PasteCara membuat: cairkan gula lalu masukan mentega dan fresh cream sedikit demi sedikit...Matikan api, masukan glucose dan mocha paste...tunggu sampai dingin..

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!